MALANG | Forumkota.com – Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bunga di desa Gunungsari, memiliki potensi yang sangat besar.
Pasalnya, UMKM ini telah menjual bunga petik hingga memiliki pelanggan di luar pulau Jawa dan ketersediaan produk yang memadai.
Kendati demikian, Naila Erliyan Koordinator kelompok 13 mengatakan jika kelompok UMKM ini belum sepenuhnya mengerti atau mengenal digital marketing.
Dengan melihat perkembangan zaman sekarang penggunaan digital marketing merupakan salah satu opsi penting dalam perkembangan penjualan oleh UMKM.
” Hal ini sangat disayangkan, karena penerapan Digital Marketing akan mempermudah proses penjualan produk dan menjangkau konsumen lebih luas,” kata mahasiswi yang akrab disapa Naila ini.
Oleh karena itu, kata Naila, pihaknya bersama rekan-rekan mahasiswa yang saat ini tengah melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa yang beranggotakan 5 orang dari jurusan Manajemen mensosialisasikan mengenai Pengenalan Digital Marketing kepada UMKM Bunga.
” Tujuan utama dari kegiatan Sosialisasi Digital Marketing ini untuk mengenalkan apa itu digital marketing kepada UMKM Bunga di Desa Gunungsari dan bagaimana pengaplikasiannya serta strategi dalam pemasarannya di era digital saat ini seperti instagram dan tiktok,” tambahnya.
Naila juga berharap kegiatan sosialisasi digital markering tersebut dapat membantu berbagai permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam pemasaran produknya. Dan berguna untuk masyarakat di desa Gunungsari ini.
“Harapan kami Pengenalan Digital Marketing ini dapat diterima dan diterapkan oleh UMKM Bunga di desa Gunungsari,” imbuhnya.
” Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),” tandasnya.
Untuk diketahui bersama, Kegiatan PMM kelompok 13 tersebut terdari dari lima orang, diantaranya Naila Erliyan, Aprisa Saputri Ryani Wenur, Cindy Ayu Prabandani, Muhammad Fadhil Aziz dan Karuniawan Ahmad Zulyansyah dari jurusan Manajemen.